Sholat Sunnah Setelah Akad Nikah

Sholat Sunnah Setelah Akad Nikah – Pernikahan merupakan suatu Ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Allah dan rasulnya bagi semua umat manusia baik laki-laki maupun perempuan.

Dan pernikahan merupakan kedudukan yang sangat penting sebagai dasar pembentuk keluarga yang sejahtera berkembang biak dan melangsungkan kelestarian hidupnya.

Allah berfirman dalam al-qur’an sura tar-rum ayat 21 yang berbunyi:

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

“Wa min Aayaatihiii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja’ala bainakum mawad datanw wa rahmah; inna fii zaalika la Aayaatil liqawminy yatafakkaruun”

Artinya: Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

Dan Rashulallah SAW bersabda :

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه ; أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا رَفَّأَ إِنْسَانًا إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ : ( بَارَكَ اَللَّهُ لَكَ , وَبَارَكَ عَلَيْكَ , وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ )  رَوَاهُ أَحْمَدُ , وَالْأَرْبَعَةُ , وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ , وَابْنُ خُزَيْمَةَ , وَابْنُ حِبَّانَ

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda: “Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan.” Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits shahih menurut Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban.

Apakah ada sholat sunnah sesudah akad nikah dan sholat sebelum berhubungan suami isteri ? Kalau ada, niatnya seperti apa ?

Dan dalam pernikahan sendiri banyak sunnah-sunnah rasul yang dianjurkan salah satunya adalah melaksanakan sholat sunnah sesudah akad dan sholatnya boleh dilakukan kapan saja, baik disiang hari maupun di malam hari.

Yang penting tidak di waktu yang makruh, Seperti waktu habis sholat asar, habis sholat subuh sampai waktu sholat dhuha. Berikut adalah penjelasan nya :

ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ – ﺍﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺷﻴﺒﺔ ﺍﻟﻜﻮﻓﻲ – ﺝ ٣ – ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ٤٠١

: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﺑﻦ ﺇﺩﺭﻳﺲ ﻋﻦ ﺩﺍﻭﺩ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻧﻀﺮﺓ ﻋﻦ ﺃﺑﻲﺳﻌﻴﺪ ﻣﻮﻟﻰ ﺃﺑﻲ ﺃﺳﻴﺪ ﻗﺎﻝ: ﺗﺰﻭﺟﺖ ﻭﺃﻧﺎ ﻣﻤﻠﻮﻙﻓﺪﻋﻮﺕ ﻧﻔﺮﺍ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢﻓﻴﻬﻢ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻭﺃﺑﻮ ﺫﺭ ﻭﺣﺬﻳﻔﺔ ﻗﺎﻝ: ﻭﺃﻗﻴﻤﺖﺍﻟﺼﻼﺓ ﻗﺎﻝ: ﻓﺬﻫﺐ ﺃﺑﻮ ﺫﺭ ﻟﻴﺘﻘﺪﻡ ﻓﻘﺎﻟﻮﺍ: ﺇﻟﻴﻚ، ﻗﺎﻝ:ﺃﻭ ﻛﺬﻟﻚ؟ ﻗﺎﻟﻮﺍ: ﻧﻌﻢ! ﻗﺎﻝ: ﻓﺘﻘﺪﻣﺖ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﺃﻧﺎ ﻋﺒﺪﻣﻤﻠﻮﻙ ﻭﻋﻠﻤﻮﻧﻲ ﻓﻘﺎﻟﻮﺍ: ﺇﺫﺍ ﺃﺩﺧﻞ ﻋﻠﻴﻚ ﺃﻫﻠﻚ ﻓﺼﻞﻋﻠﻴﻚ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺛﻢ ﺳﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﻦ ﺧﻴﺮ ﻣﺎ ﺩﺧﻞﻋﻠﻴﻚ ﻭﺗﻌﻮﺫ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺷﺮﻩ ﺛﻢ ﺷﺄﻧﻚ ﻭﺷﺄﻥ ﺃﻫﻠﻚ.

Telah menceritakan pada kami Ibnu Idrisd ari Dawud dari Aby Nadhrah dari AbySa’id; Maulaa (budak yg telah dimerdekakan) Aby Usaid berkata : “Saya menikah ketika masih menjadi hamba sahaya, lalu saya mengundang sekelompok sahabat Rasulullah – shalallahu ‘alaihiwasallam- di antaranya ada Ibnu Mas’uddan Abu Dzar juga Hudzaifah.

Abu Said berkata: “Lalu dibacakan iqamat untuk shalat. Abu Dzar kemudian berangkat untuk maju ke depan, para sahabat lainnya kemudian berkata: “Kamu juga ikut”.

Abu Said berkata: “Apakah harus demikian?” Mereka menjawab: “Ya”. Akulalu maju ke depan sedangkan saya saat itu masih seorang budak belian.Mereka mengajariku dan mereka berkata:“Apabila kamu hendak menggauli isterikamu (baru pengantin), shalatlah terlebih dahulu dua rakaat, kemudian berdoalah kepada Allah untuk kebaikan apa yang telahkamu gauli, juga berlindunglah kepada Allah dari kejahatannya dan kejahatan dirikamu juga diri keluargamu.”. [ kitab Al Mushonnaf juz 3 hal 401 ].

Simak juga: Doa Agar Hati Tenang

Niat Shalat Sunnah Setelah Akad Nikah

Lafadz niat sholat dimalam pengantin :

أصـلى سنة ليلة الزفاف ركعتين للـه تعالى

“ Usholli sunnata lailatiz-zifafi rok’ataini lillali ta‘ala “

Artinya :  (Saya sholat sunah malam pengantin dua roka’at lillahi ta’ala )

Bacaan Doa Sunnah Setelah Akad Nikah

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺟَﺒَﻠْﺘَﻬَﺎﻋَﻠَﻴْﻪِ ، ﻭَﺃَﻋُﻮﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ ﻭَﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺟَﺒَﻠْﺘَﻬَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻪ

“ Allahumma innii as’aluka khoirohaa wa khoiro maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi”.

Artinya: (Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada mu kebaikannya (isteri) dan kebaikan apa yang saya ambil dari padanya, serta aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan apa yang ada di dalamnya juga dari kejahatan dari apa yang aku ambil daripadanya”

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺟَﻨِّﺒْﻨِﻰ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻭَﺟَﻨِّﺐِﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻣَﺎ ﺭَﺯَﻗْﺘَﻨَﺎ

“Bismillahillahumma jannibniisy-syaithoona wa jannibisy-syaithoona maa rozaqtanaa”

Artinya: “bismillah allahumma jannibnis syaithan wa jannibis syaithan ma razaqtana” (Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Eukau rizkikan kepada kami (anak, keturunan).

Ketika hendak melakukan aqad nikah bagi pengantin putra dan waliy pengantin putri sunah melakukan shalat sunah dua raka’at di tempat aqadnya, juga bagi mempelai putra dan putri disunahkan shalat sunah dua raka’at ketika hendak jima’

 و ركعتا الزفاف أى للزوج والزوجة وكذا ركعتان للعقد في مجلسه قبل تعاطيه لكن للزوج والولي فقط دون الزوجة ع ش . الشرقاوي ١/٣٠٩

Dalam kitab Hasyiyah Asy Syarqowi vol 1 halaman 309, di jelaskan

Artinya : dan di sunnah kan sholat sunnah dua rokaat zifaf ( waktu bulan madu kedua mempelai)  bagi pengantin pria dan wanita. Begitu juga sholat sunnah dua rokaat sebelum akad nikah, bagi calon pengantin pria saja dan walinya pengantin wanita.

ومنه ركعتا الزفاف تسن هذه الصلاة لكل من الزوج والزوجة ينوي بها سنة الزفاف . نهاية الزين : ص : ٩٥

Dan dalam kitab nihayatuz zain halaman 95 juga di jelaskan

Artinya : dan sholat dua rokaat zifaf.  Sholat ini di sunnah kan bagi pengantin pria maupun wanita. Dengan niat sholat sunnah zifaf.

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat

Semoga dengan keterangan diatas mengenai Sholat Sunnah Setelah Akad Nikah bisa bermanfaat, dan juga kita bisa mengamalkan apa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk ummmatnya, Amiin.

Leave a Comment