Doa Terlilit Hutang

Doa Terlilit Hutang – Kehidupan manusia berputar seperti roda, terkadang seseorang berada di posisi atas kadang di bawah, Dan saat kehidupan kita merasa kurang bahkan sampai tidak tercukupi, banyak sebagian orang yang mengambil jalan pintas untuk berhutang.

Pengertian hutang sendiri adalah memberikan suatu pinjaman berupa barang atau uang kepada seseorang dengan perjanjian dia akan membayar hutang yang di pinjamkan.

Dari pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa seseorang yang berhutang hukumnya wajib untuk membayarnya, Seperti yang sudah dijelaskan dalam hadist nabi yang berbunyi :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « مَنْ أَخَذَ أَمْوَالَ النَّاسِ يُرِيدُ أَدَاءَهَا أَدَّى اللَّهُ عَنْهُ ، وَمَنْ أَخَذَ يُرِيدُ إِتْلاَفَهَا أَتْلَفَهُ اللَّهُ »

Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang mengambil harta manusia, (dan) ingin melunasinya, niscaya Allah akan melunaskan atasnya dan barangsiapa yang mengambil (dan) ia ingin menghilangkannya niscaya Allah menghilangkannya.” HR. Bukhari

Hutang merupakan hal yang menakutkan yang bisa membebani dalam kehidupan seseorang, Tetapi kita tidak perlu berkecil hati selain berusaha bekerja keras untuk membayar hutang, alangkah baiknya kita juga melibatkan Allah, Lebih mendekatkan diri kepada Allah untuk berdoa memohon pertolongan dariNya,

Doa Terlilit Hutang Untuk Cepat Melunasi Hutang

Doa Terlilit Hutang

Ada beberapa doa yang bisa amalkan agar langkah kita selalu di mudahkan dan dilancarkan dalam membayar hutang,

Berikut doa untuk melunasi hutang sebesar gunung yang bisa kita baca dan amalkan :

سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَدْيُوْنٍ. سُبحَانَ الْمُفَرِّجِ عَنْ كُلِّ مَحْزُوْنٍ. سُبْحَانَ الَّذِي جَعَلَ خَزَائِنَهُ بَيْنَ الْكَافِ وَالنُّوْنِ. سُبْحَانَ الَّذِي إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ. فَسُبْحَانَ الَّذِي بِيَدِهِ مَلَكُوْتُ كُلِّ شَيْءٍ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ. يَامُفَرِّجَ الْهَمِّ فَرِّجْ (٣×) فَرِّجْ عَنَّا هُمُوْمَنَا وَغُمُوْمَنَا فَرَجًا عَاجِلاً بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Subhaanal munaffisi ‘an kulli madyuuun. Subhaanal mufarriji ‘an kulli mahzuun. Subhaana man ja’ala khazaa-inahuu bainal-kaafi wannuun. Subhaana man idzaa araada syai’an ayyaquula lahuu kun fa yakuun. Yaa mufarriju farrij 4x . Farrij ‘annaa hamuumanaa wa ghumuumanaa farajan ‘aajilan birahmatika yaa arhamar-raahimiin”.

Artinya : “Maha Suci Dzat yang menghilangkan kesusahan orang yang berhutang . Maha Suci Dzat yang menghilangkan kesusahan orang yang menderita kesusahan . Maha Suci Dzat yang menjadikan per-bendaharaan-Nya antara kaaf dan nuun (kun=jadilah). Maha Suci Dzat yang apabila menghendaki segala sesuatu hanyalah berkata kepadanya : ‘Jadilah’, maka terjadilah ia.Wahai Dzat yang menghilangkan ,hilangkanlah 3x , hilangkanlah dari saya akan kesusahan dan kegundahan dengan segera , berkat rahmat-Mu , wahai Dzat Yang Paling Penyayang.”

اللَّهمَّ ربَّ السَّمواتِ السَّبعِ وربَّ العرشِ العظيمِ ربَّنا وربَّ كلِّ شيءٍ أنتَ الظَّاهرُ فليس فوقَكَ شيءٌ وأنتَ الباطنُ فليس دونَكَ شيءٌ مُنزِلَ التَّوراةِ والإنجيلِ والفُرقانِ فالقَ الحَبِّ والنَّوى أعوذُ بكَ مِن شرِّ كلِّ شيءٍ أنتَ آخِذٌ بناصيتِه أنتَ الأوَّلُ فليس قبْلَكَ شيءٌ وأنتَ الآخِرُ فليس بعدَكَ شيءٌ اقضِ عنَّا الدَّينَ وأَغْنِنا مِن الفقرِ

“Allahumma robbas samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhim, robbana wa robba kulli syaiin, faaliqol habbi wan nawaa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A’udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba’daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal baathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli ‘annad daina wa aghnina minal faqri”.

Artinya:”Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah).

Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.”

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahummakfini fi halâlika ‘an haramik, wa aghnini bi fadhlika ‘amman siwak” Artinya:”Tuhanku, cukupilah diriku dengan jalan (harta) yang Kauhalalkan, bukan jalan (harta) Kauharamkan; dan lengkapilah diriku dengan kemurahan-Mu, bukan kemurahan selain diri-Mu.”

Simak juga: Doa Agar Hati Tenang

Dengan izin Allah, Jika Amalan doa terlilit hutang diatas dilakukan insyaallah akan dihilangkan segala kesusahan dan kegundahan oleh Allah SWT, asalkan kita melaksanakan nya dengan istiqomah,ikhlas dan hati yang lapang.

Leave a Comment